Review Nissan X-Trail 2020 Indonesia

review nissan x-trail solo raya orange 2020

Review Nissan X-Trail 2020 – PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya menghadirkan mobil Nissan X-Trail baru yang mengalami facelift disertai tambahan fitur berkendara cerdas. Akankah Nissan X-Trail 2020 ini mampu mengangkat performa penjualan Nissan kembali di kancah mid-size SUV di Indonesia ?

Secara historikal, Nissan X-Trail memiliki perubahan generasi sebanyak 3 kali. Generasi pertama hadir dengan kode bodi T30 yang masuk pertama kali ke Indonesia di tahun 2001, kemudian T31 yang hadir di tahun 2009, dan generasi terakhir T32 di tahun 2014. Baik generasi pertama dan kedua dari mobil Nissan X-Trail memiliki image mid-size SUV tangguh dan memiliki performa kuat. Namun pada generasi ketiga Nissan X-Trail 2014, image mobil SUV ini berubah lewat pendekatan yang lebih muda dan membawa ragam teknologi menarik.

Memasuki tahun 2020, terhitung sudah 6 tahun Nissan X-Trail hadir dengan tanpa adanya perubahan signifikan. Untuk itu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmikan Nissan X-Trail terbaru yakni Nissan X-Trail 2020. Menjadi satu-satunya varian Nissan X-Trail terbaru saat ini, ia diklaim hadir membawa teknologi berkendara lebih canggih, fitur lebih menarik, dan wajah yang semakin menawan. Seperti apa first impression nya ? Simak terus ulasannya dalam review Nissan X-Trail 2020.

EKSTERIOR NISSAN X-TRAIL 2020

Tampilan depan Nissan X-Trail 2020 membawa identitas wajah Nissan dengan pendekatan lebih modern dan dinamis. Hal yang cukup menyita perhatian dari muka depan Nissan X-Trail 2020 ialah penggunaan grille V-Motion khas line-up Nissan masa kini yang desainnya lebih dominan, serta memaksimalkan gaya desain bumper depan yang terintegrasi secara dinamis. Keberadaan grille berdesain baru ini dipadukan format desain headlight LED dengan dua format projector untuk high beam dan low beam, serta penggunaan LED Daytime Running Light bergaya bumerang, serta redesain area foglamp juga hadir dengan bentuk lebih pipih dan menggunakan teknologi LED.

exterior new nissan x-trail solo rayaexterior new nissan x-trail solo raya

Secara penampilan eksterior samping Nissan X-Trail 2020 tidak banyak mengalami ubahan signifikan dibanding saat pre-facelift. Hanya saja Nissan lakukan penambahan detil aksesoris dan tampilan yang bisa dilihat dari hadirnya roof rail dan pelek alloy berdesain baru dengan ring 19 inci berlapis ban 225/55 R19.

Nissan X-Trail 2020 terbaru ini tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu monarch orange, storm white, brilliant silver, deep iris gray, dan black star. Tidak ada perubahan secara dimensi, masih dengan dimensi 4690 mm x 1830 mm x 1740 mm (p x l x t) dengan wheelbase 2705 mm dan ground clearance 210 mm.

exterior new nissan x-trail solo rayaexterior new nissan x-trail solo raya

Jika Anda cukup jeli, Nissan sejatinya melakukan perubahan sederhana yang bisa dilihat dalam area tampilan taillight. Ya, kini area taillight Nissan X-Trail 2020 menggunakan LED bergaya boomerang, yang mana selaras dengan detil daytime running light pada headlight depan. Nissan juga menghadirkan detil berupa shark fin antenna dan rear spoiler untuk area belakang mobil ini. Selebihnya Anda akan merasa familiar dengan bentuk Nissan X-Trail baru ini

INTERIOR NISSAN X-TRAIL 2020

Pertama masuk ke dalam ruang interior Nissan X-Trail 2020, Nissan masih mempertahankan layout desain dashboard seperti Nissan X-Trail pre-facelift yang sudah ada sejak kurun waktu 6 tahun terakhir. Bedanya, Nissan menyamakan area setir Nissan X-Trail dengan setir yang sama seperti Nissan Serena terbaru, dimana tombol pengaturan dibuat lebih pipih dan kompak serta pada lingkar kemudi mengadopsi format flat-bottom steer yang cukup membantu dalam hal akses keluar masuk bagi pengemudi.

interior new nissan x-trail solo raya

Review Nissan X-Trail 2020

Secara material, dashboard Nissan X-Trail 2020 memadukan unsur soft touch dan leather dengan aksen jahitan di dashboard, serta aksen panel black gloss di central cluster. Untuk instrument cluster menyediakan MID dengan layar digital yang bisa mengatur informasi dan settingan mobil.

Nissan X-Trail ini memiliki format posisi kabin mereka dengan kondisi 7 Seater, dimana 7 penumpang bisa duduk secara nyaman di dalam kabin mobil ini. Namun ada beberapa catatan yang perlu dilakukan agar memastikan seluruh penumpang bisa duduk nyaman.

interior new nissan x-trail solo raya

Review Nissan X-Trail 2020

Dari sisi pengemudi dan penumpang depan memiliki pengaturan jok elektrik, dengan lumbar support khusus untuk jok pengemudi. Bagian tengah jok bisa dijadikan armrest, untuk jok belakang, jujur saja secara postur dan posisi jok lebih layak digunakan untuk anak kecil maupun remaja. Tapi memungkinkan saja jika digunakan untuk orang dewasa, dengan catatan pada jok baris kedua dimajukan posisinya hingga titik terdepan.

Jika seluruh jok dipakai, bisa dikatakan ruang bagasi Nissan X-Trail 2020 terasa biasa saja karena hanya bisa memuat barang bawaan dengan ukuran 135 liter. Saat jok belakang dilipat rata lantai, ruang bagasi dari mid-size SUV ini membesar menjadi 550 liter. Baru saat jok baris kedua dilipat, maka ruang bagasi semakin membesar menjadi 1.520 liter.

Tapi bukan itu yang menjadi highlight di bagian bagasi Nissan X-Trail 2020 ini. Nissan menghadirkan fitur power tailgate dengan touchless backdoor with foot sensor. Fitur ini memungkinkan akses buka bagasi hanya dengan mengayunkan kaki di area kolong bagasi, dengan catatan kunci mobil berada di radius jarak 1 meter dari pintu bagasi, serta proses buka dan tutup pintu bagasi sudah bisa dilakukan secara otomatis hanya lewat tombol di pintu bagasi.

Nissan mengedepankan inovasi Nissan Intelligent Mobility (NIM) yang menjadi visi Nissan dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan pada mobil ini. inovasi NIM terfokus pada fitur “Intelligent Cruise Control” yang bisa mengatur kecepatan secara otomatis dan bisa menyesuaikan dengan jarak kendaraan di depan, “Forward Collision Warning” yang memberikan peringatan kepada pengendara apabila terdapat kendaraan yang melambat atau berhenti mendadak di dekat pengemudi.

Inovasi NIM juga berlanjut pada “Forward Emergency Braking“, yang bisa mengintervensi kontrol pada mobil dan melakukan pengereman secara cepat untuk membantu menghindari tabrakan dan mengurangi risiko insiden. Ada lagi fitur “Rear Cross Traffic Alert” yang membantu pengendara saat berada di area parkir dalam kecepatan rendah, serta Lane Departure Warning yang akan memperingati pengemudi apabila mobil keluar dari jalurnya.

Nissan pun turut melengkapi mobil ini dengan fitur seperti Intelligent Around View Monitor, Blind Spot Warning (BSW), High Beam Assist (HBA), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Active Ride Control, Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, Electric Parking Brake with Auto Hold Function, dan ECO Mode Switch. Sedangkan dalam hal keselamatan penumpang di dalam kabin, Nissan sudah memperbanyak penggunaan airbag berupa Dual SRS Airbag, Side Airbag, dan Curtain Airbag.

SPESIFIKASI NISSAN X-TRAIL 2020

SPESIFIKASI NISSAN X-TRAIL 2020

Dimensi

Panjang

4.690 mm

Lebar

1.830 mm

Tinggi

1.710 mm

Wheelbase

2.705 mm

Ukuran Ban

225/55 R19

Mesin

Tipe Mesin

2.5 Litre 4 DOHC Cyclinder Engine

Isi Silinder

2.488 cc

Daya Maksimum

171 PS / 6000 rpm

Daya Torsi

23.8 kg.m / 4000 rpm

Tipe Transmisi

CVT

Kemudi

Steering Wheel

Rack and Pinion

Suspensi Depan

Independent Macpherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi Link with Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

DAFTAR HARGA NISSAN X-TRAIL 2020

Berapa harga mobil baru Nissan X-Trail 2020 ? Jika Anda ingin memesan mobil baru Nissan ini, nissan x-trail terbaru ini bisa dipesan di melalui ICHA dengan range harga mulai Rp. 439 juta – Rp. 656jutaan.

KESIMPULAN NISSAN X-TRAIL 2020

Harus diakui, segmen mobil midsize SUV di Indonesia kini tak lagi berbicara soal kenyamanan mobil atau sekedar ketangguhan desain. Fitur juga menjadi value penting yang menjadikan konsumen menentukan pilihan untuk membeli atau tidak mobil baru SUV di Indonesia ini.

Bagaimana dengan Nissan X-Trail 2020 ? Mobil mid-size SUV dari Nissan melalui update terbaru ini menghadirkan fitur baru yang mampu memanjakan konsumen, dalam hal keselamatan berkendara ataupun dalam hal hiburan selama perjalanan. Memang secara desain ubahannya bersifat minor, tapi dengan fitur berlimpah dan penyegaran di sisi eksterior, bukan tidak mungkin hal tersebut menjadi senjata Nissan X-Trail VL 2020 dalam bersaing di ranah mid-size SUV Indonesia.

 

 Pembahasan Nissan X-Trail Terbaru | Review Nissan X-Trail 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat